Vaksinasi Covid 19 Mempengaruhi Siklus Menstruasi ? Ini Penjelasannya

Vaksinasi Covid 19 Mempengaruhi Siklus Menstruasi ? Ini Penjelasannya

Peningkatan stres, perubahan berat badan dan perubahan gaya hidup dapat mepengaruhi siklus menstruasi. Semua perubahan tersebut biasa terjadi selama pandemi Covid 19. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa wanita yang menderita Covid 19 mengalami perubahan durasi dan aliran siklus menstruasi. Beberapa orang juga telah melaporkan perubahan menstruasi mereka setelah menerima vaksin Covid19, termasuk perubahan durasi, aliran, dan gejala yang menyertainya seperti rasa sakit. 

National Institute of Child Health and Human Development (NICHD) merilis pemberitahuan yang menarik bagi para peneliti untuk membandingkan pengalaman menstruasi bagi orang yang divaksinasi dan yang tidak divaksinasi. “Studi  ilmiah ini akan meningkatkan pemahaman kita tentang efek potensial vaksin Covid 19 pada menstruasi, memberi orang yang menstruasi lebih banyak informasi tentang apa yang diharapkan setelah vaksinasi dan berpotensi mengurangi keraguan vaksin,” kata Direktur NICHD Diana W. Bianchi, M.D.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan perubahan sementara dalam siklus menstruasi, yang diatur oleh interaksi kompleks antara jaringan tubuh, sel dan hormon. Respon imun terhadap vaksin Covid 19 dapat memengaruhi interaksi antara sel imun dan sinyal di dalam rahim, yang menyebabkan perubahan sementara dalam siklus menstruasi.

Dr. Gemma Sharp, Dosen Senior Epidemiologi Molekuler, Universitas Bristol mengatakan, “Sejak pandemi Covid 19 dimulai, banyak wanita berdiskusi di media sosial bahwa siklus menstruasi mereka telah berubah. Perubahan-perubahan ini termasuk perubahan durasi, frekuensi, keteraturan dan volume menstruasi (perdarahan dan pembekuan yang lebih berat) dan sindrom pramenstruasi yang memburuk. Ada banyak alasan mengapa hal ini bisa terjadi. Peningkatan stres dan perubahan berat badan diketahui mempengaruhi siklus menstruasi. Infeksi virus dan penyakit (termasuk berpotensi dengan Covid 19) juga dapat memicu perubahan menstruasi. Vaksin adalah pemicu potensial lainnya, karena mirip dengan infeksi, vaksin dapat menyebabkan gangguan jangka pendek, yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, yang dapat membuat siklus menstruasi tidak teratur. Ini berlaku untuk semua vaksin, bukan hanya vaksin Covid 19. Perubahan ini cenderung berlangsung selama satu atau sejumlah kecil siklus, tanpa alasan untuk mencurigai adanya efek atau efek jangka panjang pada kesuburan.”

Dr. Jackie Maybin, Peneliti Klinis Senior dan Konsultan Ginekolog, Pusat Kesehatan Reproduksi MRC, Universitas Edinburgh, juga berpendapat bahwa, “Pada tahap ini, sulit untuk memastikan mekanisme yang menyebabkan efek ini. Ini mungkin berbeda dari orang ke orang. Otak, ovarium, dan rahim berinteraksi untuk mengontrol siklus menstruasi. Gangguan menstruasi mungkin karena efek pada bagian otak yang mengontrol hormon reproduksi, efek pada ovarium atau efek langsung pada lapisan rahim (yang ditumpahkan selama periode). Pada saat stres, sistem wanita dirancang untuk menurunkan regulasi sementara untuk mencegah kehamilan dan menghemat energi. Efek tingkat otak ini dapat menjelaskan beberapa perubahan menstruasi yang diamati selama pandemi, dengan Covid 19 atau dengan vaksinasi. Vaksinasi Covid 19 sendiri dirancang untuk memulai respon kekebalan dalam tubuh untuk melindungi dari infeksi Covid 19 di masa depan. Peradangan yang dihasilkan dapat mempengaruhi ovarium secara sementara, mengubah produksi hormon selama satu atau dua siklus, yang mengakibatkan perdarahan menstruasi yang tidak teratur atau lebih berat. Peradangan juga dapat untuk sementara mengubah bagaimana lapisan rahim  luruh, menyebabkan periode yang lebih berat. Efek ini dapat menyebabkan perubahan sementara pada gejala menstruasi yang seharusnya hilang secara spontan. Penting untuk ditekankan bahwa efek apa pun dari vaksin cenderung berumur pendek dan jauh lebih ringan daripada infeksi Covid 19.”

Sumber :

covid19.nih.gov

nichd.nih.gov

sciencemediacentre.org

Januari 2022
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31